contoh makalah tentang email
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur
Alhamdulillah bahwasannya penulis telah dapat menyelesaikan makalah Tentang
email. Dan tak lupa pula mengucapkan sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad
SAW, di mana beliau yang membawa perubahan yang begitu besar bagi kehidupan
ini. Walaupun tak sedikit hambatan yang kami hadapi, tiada daya dan upaya
kecuali dengan pertolongan Allah SWT.
Walaupun demikian, sudah barang
tentu makalah ini masih terdapat banyak kesalahan dan belum di katakan sempurna
karena keterbatasan kemampuan penulis, oleh karena itu saran dan kritik yang
sifatnya membangun dan semua pihak yang penulis harapkan agar dalam pembuatan
makalah di waktu yang akan datang bisa lebih baik lagi.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat
bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Brebes, 10 Maret 2018
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam dunia nyata pada umumnya, kita sering menggunakan surat untuk
mengabarkan suatu berita. Namun kekurangan media surat adalah lamanya waktu
yang dibutuhkan dari pengirim ke penerima. Masalah ini dapat dipecahkan dengan
menggunakan media telepon.Namun sayangnya jika menggunakan telepon untuk jarak
penelepon dan penerima telepon yang cukup jauh, biasanya memerlukan biaya yang
tidak murah, karena menggunakan SLJJ atau SLI (Sambungan Langsung
Internasional). Oleh karena itu diperlukan media lain yang dapat membantu
mengatasi kendala waktu, jarak dan biaya ini.
Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan email
(electronic mail). Email merupakan suatu solusi yang cukup murah, dapat diakses
dari mana saja, dan jarang mengalami keterlambatan pengiriman, karena secara
umum (jika tidak ada masalah) biasanya email dapat dikirimkan paling lama dalam
waktu 5 menit saja. Namun bukan berarti dengan menggunakan email tidak akan ada
masalah yang terjadi. Ada pula kekurangan dan kelebihannya,nanti akan kita
bahas.
B. Rumusan masalah
Adapun rumusan masalah dalam penulisan makalah ini adalah :
1.
Apa yang dimakasud dengan e-mail?
2.
Apa saja fungsi e-mail?
3.
Bagaimana cara membuat e-mail?
4.
Apa saja fungsi attachemen file dalam e-mail?
5.
Bagaimanacara sign up di situs jejaring sosial?
C. Tujuan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah
1.
Untuk mengetahui apa e-mail.
2.
Untuk mengetahui fungsi e-mail.
3.
Untuk mengetahui cara membuat e-mail.
4.
Untuk mengetahui fungsi attachemen file dalam e-mail.
5.
Untuk mengetahui cara sign up di situs jejaring social.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian E-Mail
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia
nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana
elektronik yaitu dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email
seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi
atau file kepada seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik)
dalam waktu yang sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan
internet, maka alamatnya pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di
internet. Contoh penyedia layanan email adalah http://www.mail.yahoo.com, http://www.mail.google.com, dll.
B. Fungsi e-mail
1.
Media komunikasi
E-mail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan
secara persoal atau umum (komunitas).
2.
Media pengiriman
Dengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan
tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail,
bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa
mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
3.
Efektif, efisien, dan murah
Melakukan pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah.
Maksudnya, anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk
mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat
e-mail anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu
biaya mahal.
4.
Media promosi
Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa
mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar
e-mail pelanggan yang ada.
5.
Media informasi
Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari
seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari
media yang anda tentukan.
6.
Membuat blog atau website
Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website.
7.
Sosial media
Dengan e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain.
Baik menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti
facebook, twitter, atau google.
C. Cara Membuat E-Mail
Langsung saja kita ke pokok pembahasan, untuk cara membuat Email di gmail,
silahkan ikuti langkah-langkah simple berikut...
·
Klik Create An Account di bawah untuk
login
·
Anda akan masuk ke halaman pengisian data, silahkan isi formulir
pendaftaran sesuai data pribadi anda..
1.
Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.
2.
Pilih nama pengguna anda : Isikan alamat email yang anda inginkan (nama
email harus belum digunakan orang lain).
3.
Buat sandi : Isi dengan password yang anda ingikan.
4.
Konfirmasi sandi anda : Masukkan ulang password anda.
5.
Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal lahir anda.
6.
Gender : Pilih jenis kelamin anda.
7.
Ponsel : Isikan dengan nomor telepon anda.
8.
Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika
ada). Bisa anda kosongi.
9.
Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat anda tinggal.
10. Centang dua persyaratan dari google tersebut...
11. Klik tombol langkah berikutnya
·
Setelah anda mengisi formulir pendaftaran, anda akan dibawa ke halaman
verifikasi akun, klik Lanjutkan..
·
Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh google secara otomatis
ke nomor telepon yang anda isikan tadi. Kemudian masukkan angka verifikasi ke
dalam kotak yang tersedia.Jika sudah, silahkan klik Verifikasi.
·
Anda akan dibawa ke halaman Profil, langkah selanjutnya adalah menambahkan
foto profil. Jika anda sudah punya silahkan ditambahkan dengan mengklik "Menambahkan
Foto Profil". Jika sudah, klik saja Langkah berikutnya
·
jika semua langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, akan ada ucapan
sambutan dari Google. Klik Lanjutkan ke Gmail.
·
Anda akan langsung dibawa ke halaman muka Gmail. Google akan langsung
memberikan 4 pesan ke inbox email anda.
·
sampai disini akun Gmail anda sudah jadi, silahkan anda manfaatkan
fitur-fitur yang sudah disediakan oleh produk google
gmail.
D. Fungsi Attachment File Dalam E-Mail
- Pengertian attachement
Attachemen adalah fasilitas yang disediakan pada suatu website atau email untuk dapat
mengirimkan dokumen baik berupa gambar, data, musik, dan dokumen lainnya yang
selanjutnya akan diupload ke internet.
Dengan adanya attachment sangat memudahkan kita kalau misalnya mau bertukar
informasi atau mengirim dokumen penting, karena yang perlu kita lakukan
hanyalah mengupload dokumen tersebut ke server, maka orang lain sudah dapat
mendownloadnya dari tempat lain.
2.
Fungsi attachment
Attachment adalah perintah mengirim file melalui email. Kadang saat kita
mengirimkan surat kita ingin mengikutkan lampiran surat yang lain sehingga
surat yang kita buat menjadi lebih lengkap tetapi tidak terlalu panjang.
Dalam lampiran attachment surat ini ada beberapa dokumen yang dapat kita
lampirkan juga, misalnya: document word ataupun power point.
Singkatnya, fungsi Attachment File dalam sebuah email yaitu
untukmengirimkan suatu file (baik berupa video,gambar,animasi dll)
melalui email kealamat email tujuannya, karena attachment file itu sendiri
adalah perintah-perintah untuk mengirimkan suatu file melalui email.
Sedangkan cara melakukan Attachment File ialah :
-
klik compose pada pilihan yang ada pada email anda
-
klik attachment file
-
Klik Browse
-
Pilih file yang diinginkan
-
Klik Attach File
-
Pilih Done
-
Klik Send
·
Cara Mengirimkan File, Gambar, Dsb Dengan Menggunakan Fitur
"Attachment" Di Email.
1. masuk ke url/alamat email yang dimiliki. contoh gmail,
http://www.mail.google.com. maka akan tampil gambar login email seperti di
bawah.
Kemudian Masukkan alamat Email dan Password,sperti gambar di bawah ini
2. Jika Pengisian Email dan Pasword kamu sudah benar, selanjutnya Klik
MASUK, maka akan tampil halaman dalam Email kamu seperti gambar di bawah ini :
- Melampirkan File Data (Attachment)
3. klik “compose atau tulis” karena akan mengirim email , setelah itu akan
muncul kotak dialog pada pojok kanan bawah lalu tuliskan alamat email tujuan,
langkah berikutnya melampirkan file (attachment file) yang akan dikirim .
dengan cara klik "attach files" bertanda lingkaran (lihat gambar) :
4. Jika sudah diklik lingkaran di atas, maka akan tampil kotak Dialog untuk
mencari FILE yang akan dilampirkan untuk di masukkan sebagai lampiran Email.
Seperti gambar di bawah ini.
- Setelah file data ketemu, Klik OPEN. dan tunggu sampai uploading file benar-benar selesai. Setelah itu pilih “SEND”,
E. Cara Sign Up Di Jejaring Sosial
Ø Cara sign up di twitter
Pertama tama yang harus anda persiapkan adalah email, nantinya email ini sudah pasti digunakan untuk mengkonfirmasi akun
twitter anda.
- Pertama tama yang harus anda lakukan dalam membuat twitter adalah membuka halaman situs berikut https://twitter.com/
- Signup setelah itu anda isi Nama email Dan Password sesuai dengan data diri anda. Jika sudah diisi kemudian klik “Sign Up For Twitter” untuk membuat akun twtter anda
Kemudian Akan Tampil Seperti Tampilan DiBawah Ini Dimana Anda Harus
Melengkapi Data Diri Anda.
- Tanda Kotak Merah Adalah jika username kamu sudah tidak bisa, maka suggestion yg diberikan oleh twitter bisa dijadikan alternatif untuk username anda.
- Setelah Itu Anda Akan DiHadapkan Seperti Tampilan Dibawah Ini Dimana Kita Harus Melewati Step 1 of 6 Sampai dengan Step ke 6.
Klik Let’s Go
- Kemudian Ceklist Semua Kategori Seperti Gambar Di Atas Lalu Klik Continue
- Kemudian Klik Follow 40 & Continue Seperti Yang DiSarankan Twitter
Kemudian Klik Skip this step for
now Jika Anda Ingin Melewati Langkah Ini, Namun Jika Tidak, Ini Adalah
Langkah Untuk Mengupload Foto Anda.
Keterangan Gambar Diatas
- Untuk Mengambil Foto Anda Dari Kamera
- Untuk Mengambil Foto Anda Melalui Upload Dari PC/Laptop/Tablet/HP Anda.
- Skip this step for now Adalah Pilihan Untuk Melewati Langkah Ini Artinya Kita Bisa Upload Foto Kita Setelah Proses Daftar Selesai Semua.
Kemudian Langkah ke 5 Klik Saja Skip this step Pada Kiri Bawah Seperti Gambar Di Bawah Ini :
- Kemudian Akan Muncul Seperti Tampilan Di Bawah Ini
Pada Langkah Terakhir Adalah Login Ke Email Anda Untuk Mengkonfirmasi Akun
Twitter Yang Telah Kita Buat, Pada Tutorial Ini Indonews Menggunakan Gmail.Com
Jika Berhasil Makan Akan Muncul Tampilan Seperti Gambar Dibawah Ini :
Resmi sudah akun twitter anda dibuat, langkah selanjutnya yang harus anda
lakukan adalah mengisi profil pada akun twitter anda yang berguna nantinya
mempermudah orang dalam berkomunikasi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia
nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana
elektronik yaitu dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email
seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi
atau file kepada seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik)
dalam waktu yang sangat singkat.
Jadi,untuk mengirim dokumen di attachemen file di e-mail tentunya kita
harus memiliki account e-mail dan untuk sign up si jejaring socialpun kuncinya
dengan memiliki account e-mail sehingga akan mudah dalam berkomunikasi atau
berkirim dokumen atau file-file.
B. Saran
Dalam pembuatan makalah
ini masih terdapat kesalahan untuk itu penulis mohon maaf atas kekurangannya
penulis berharap kritik dan saran yang membangun demi memperbaiki makalah ini.
http://www.seoterpadu.com/2013/04/cara-membuat-gmail-di-google.html diakses: 28 november
4. diakses: 28 november 2015
Komentar
Posting Komentar